Sosialisasi Pilkada 2024, KPU Lombok Timur Gandeng Insan Pers

KPU Lombok Timur sosialisasi tahapan pilkada
Dutarakyat.com – Guna menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur melakukan sosialisasi dengan menggandeng insan pers. 

Langkah ini diambil untuk memastikan semua informasi mengenai proses dan tahapan pilkada serentak tersosialisasi dengan baik kepada masyarakat luas.

KPU Lombok Timur menyadari pentingnya peran media dalam mengawal proses demokrasi di daerah ini. Pers sebagai satu pilar tegaknya negara demokrasi.

Ketua KPU Kabupaten Lombok Timur Ada Suci Makbullah menyampaikan proses persiapan Pilkada Serentak sudah memasuki tahapan pemutahiran data, guna akurasinya pengguna hak pilih.

"Dari bulan lalu KPUD Lotim telah memasuki beberapa persiapan dalam pemilu, di antranya membentutuk PPK,PPS, dan hingga saat ini KPUD telah memasuki peroses pemutahiran data," paparnya, Kamis (11/07/2024).

Uci menegaskan, proses pemutahiran data telah mencapai 90 persen sejak para petugas Pantarlih mulai bekerja, yang dimna pantarlih sendri dibentuk langsung oleh PPS untuk membantu dalam proses pemutahiran data pemilih.

"Alhamdulillah dari mulainya tim Pantarlih Bekerja sampai dengan hari ini sudah mencapai 90% Data akurasi yang telah dikumpulkan,” ucapnya.

Proses pencoklitan sendiri diberikan waktu selama satu bulan, KPU Lotim menargetkan proses pencoklitan selesai dalam 3 minggu, dan minggu terakhir sebagai pencermatan hasil coklit bersama Bawaslu.

"Waktu kita satu bulan, namun 3 minggu kita targetkan semua data rampung, sisanya minggu terahir sebagai pencermatan hasil bersama Bawaslu,” tutupnya.